Oleh Havadar Rav Ben Avraham son,My Teacher http://youtu.be/w6fheRXbx4I Rav yosef Eliyah http://youtu.be/ATrDPGypJHw Rav ...
Oleh Havadar
Rav Ben Avraham son,My Teacher
http://youtu.be/w6fheRXbx4I
Rav yosef Eliyah
http://youtu.be/ATrDPGypJHw
Rav yehuda glick, Zionist Rabbi
http://youtu.be/vCOynC1xPAs
Rav daniel lapin (Muslims are bleessed)
http://youtu.be/jdsVGoGbbqI
Rav in rusia (Islam is religion truth)
http://youtu.be/9aEPemq6ecE
Rav ron chayya
http://youtu.be/w6fheRXbx4I
tantangan dari kristen tentang perilhal
"YHWH" adalah "ALLH"
apakah oknumnya sama???
di lihat dari segi sifat 13 Tuhan di dalam Iman Tauhid.
יום רביעי 08 מאי 2013
בשם יהוה הרחמן והרחום
بسم الله الرحمن الرحيم
השלום עליכם ורחםיה וברכתו
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
kami mendapat tantangan atau pembuktian apakah benar "ALLH"
( الله ) itu adalah YHWH (יהוה ) ???
kami akan menjawab sesuai apa kami pelajari dan kami ketahui,
tidak perlu susah dan rumit pahami aja Ke-Maha segalaanNya.
kami akan membuktikannya dari segi Sifat 13 ALLH di dalam al qur'an apakah serasi ataukah bertentangan???
langsung saja kita bahas dan mari kita ketahui ini sebagai bukti bahwa
"الله adalah יהוה "
sifat Tuhan itu ada 13
1. Wujud "وجود "
makna dari Wujud sendiri adalah "Hadir/Ada"
ALLH berfirman di dalam Al qur'an
wahuwa ma'akum aynama kuntum
"dan Dia bersama kamu dimana saja kamu berada" (Al Hadid:4)
dengan ayat ini jelas bahwa Tuhan itu ada dimana saja,kita sembunyi dimanapun tidak membuatNya tidak melihat,
Dia yang lebih dekat dari urat leher kita, lebih dekat dari mata yang hitam dan yang putihnya.
apakah sifat "Maha Ada" ini juga atribut atau sifatNya Tuhan di dalam TaNakh???
Exodus 3:14
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל מֹשֶׁה אֶהְיֶה אֲשֶׁר אֶהְיֶה וַיֹּאמֶר כֹּה תֹאמַר לִבְנֵי יִשְׂרָאֵל אֶהְיֶה שְׁלָחַנִי אֲלֵיכֶם
translite
"wayomer Elohim el mosheh EHYEH ASHER EHYEH wayomer koh tomar lib'ney Yishrael EHYEH shelachni aleykhem
14 Firman Elohim kepada Musa: "Aku Ada adalah Aku Ada." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: Aku Ada telah mengutus aku kepadamu."
אֶהְיֶה (Ehyeh) adalah "Aku Ada" karna berasal dari kata היה (Hayah) "Yang Ada"
jadi jelas sudah ALLH itu Maha Ada,dan YHWH itu bermakna
והו היה w'Hu Ha-Yah "dan Dia Yang telah Maha Ada"
והו הוה w'Hu Howeh "Dan Dia Yang Maha Ada sekarang"
והו יהיה w'Hu Yihyeh "Dan Dia Yang Maha Ada nanti"
והו יהוה w'Hu YHWH "Dan Dia Yang Maha ada Dahulu,sekarang hingga selama-lamanya"
الله "ALLH" adalah "Sang Tuhan"
kalao kita hilangkan dari empat huruf ini adalah muncul ayat-ayatNya TentangNya::
ا adalah انا (Anaa::Aku)
14. Sesungguhnya Aku ini adalah Allah (انني انا الله ), tidak ada Ilah (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (QS.Thaha)
لله adalah "Bagi Sang Tuhan"
1. Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah) (سبح لله ما في السمواة ولارض). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.(QS.Al hadid)
له adalah "Kepunyaan-Nya"
2. Kepunyaan-Nyalah (له ) kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.(QS.Alhadid).
ه = ה (Tak Terdefnisi) (makna arab "-Nya" makna ibrani "Sang"
namun jika di tambahkan huruf lain yaitu alif dan waw ternyata kedua huruf ini sama makna::
هوا = הוא
(DIA)
3. Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin[1452]; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS.Al Hadid)
[1452]. Yang dimaksud dengan: Yang Awal ialah, yang telah ADA sebelum segala sesuatu ada, Yang Akhir ialah yang tetap ADA setelah segala sesuatu musnah, Yang Zhahir ialah, Yang nyata ADAnya karena banyak bukti- buktinya dan Yang Bathin ialah yang tak dapat digambarkan hikmat Nafsi (Diri)-Nya oleh akal.
003. (Dialah Yang Awal) sebelum segala sesuatu ada, keawalan Dia tidak ada permulaannya (dan Yang Akhir) sesudah segala sesuatu berakhir, keakhiran-Nya tanpa batas (dan Yang Maha Zahir) melalui bukti-bukti yang menunjukkan kezahiran Nya (dan Yang Batin) yakni tidak dapat dilihat dan ditemukan oleh panca indra (dan Dia Maha Mengetahui atas segala sesuatu). (Tafsir Jalalain,surah Al Hadid)
TaNaKh::
Isaiah 41:4 מִי פָעַל וְעָשָׂה קֹרֵא הַדֹּרוֺת מֵרֹאשׁ אֲנִי יְהוָה רִאשׁוֺן וְאֶת אַחֲרֹנִים אֲנִי הוּא:
trans:: mi fa'al w'asah qore hadorot merosh Ani Adonay Rishon weet acharonim Ani HU.
Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan, Aku, YHWH, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga.
Isaiah 44:6 כֹּה אָמַר יְהוָה מֶלֶךְ יִשְׂרָאֵל וְגֹאֲלוֺ יְהוָה צְבָאוֺת אֲנִי רִאשׁוֺן וַאֲנִי אַחֲרוֺן וּמִבַּלְעָדַי אֵין אֱלֹהִים:
translite:: koh amar Adonai melekh Yishrael w'goalo Adonai Tz'vaot Ani Rishon wa Ani Acharon umibal'aday eyn Elohim.
Beginilah firman YHWH, Raja dan Penebus Israel, YHWH semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Elohim selain dari pada-Ku.
Yang pertama sudah jelas dan nyata bahwa Yang Wujud itu baik di Tanakh dan di Al qur'an oknumnya adalah sama.
2. Qidam (قيدم )
makna qidam sendiri adalah "Ada sebelum segala sesuatu"
yaitu bukan baru atau baru muncul,sebelum segalanya ada, Tuhan sudah ada sang pencipta yang menciptakan langit dan bumi serta segala isinya.
Dia Yang menciptakan segalanya adalah bukti bahwa Dia adalah Qidam.
ALLH befirman di dalam Al qur'an::
54. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy[548]. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.
[548]. Bersemayam di atas 'Arsy ialah satu sifat Allah yang wajib kita imani, sesuai dengan kebesaran Allah dan kesucian-Nya.(QS.Al A'raff)
di dalam Torah::
Genesis 1:1 בְּרֵאשִׁית בָּרָא אֱלֹהִים אֵת הַשָּׁמַיִם וְאֵת הָאָרֶץ:
translite:: B'reshit Bara Elohim et hashamayim weet haaretz
Pada mulanya Elohim menciptakan langit dan bumi.
jadi yang ini pun jelas adalah Sang pencipta langit dan bumi,adalah Sang Tuhan (ALLH) Yang Ada dahulu sekarang hingga selama lamanya (YHWH).
3.Baqa (بقا )
makna dari sifat ini adalah "Kekal"
bukan Tuhan kalao tidak kekal,bukan Tuhan kalao ada permulaannya, bukan Tuhan kalao ada akhirnya alias mati, itu semua mustahil bagiNya.
ALLH Berfirman::
255. Allah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi, Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS.Albaqarah)
58. Dan bertawakkallah kepada Allah yang hidup (kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya. (QS.Al Baqarah)
Tanakh::
Isaiah 40:28 הֲלוֺא יָדַעְתָּ אִם לֹא שָׁמַעְתָּ אֱלֹהֵי עוֺלָם יְהוָה בּוֺרֵא קְצוֺת הָאָרֶץ לֹא יִיעַף וְלֹא יִיגָע אֵין חֵקֶר לִתְבוּנָתוֺ:
translite:: halo yada'ta im lo shama'ta Elohey 'olam Adonay bore qetzot ha'aretz lo yi'ap w'lo yigha' eyn heqer litvunato
Yes 40:28 Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? YHWH ialah Eloh yang kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.
Jeremiah 10:10 וַיהוָה אֱלֹהִים אֱמֶת הוּא אֱלֹהִים חַיִּים וּמֶלֶךְ עוֺלָם מִקִּצְפּוֺ תִּרְעַשׁ הָאָרֶץ וְלֹא יָכִלוּ גוֺיִם זַעְמוֺ:
translite :: waAdonai Elohim Emet Hu Elohm Chayyim umelekh 'olam miqqitzpo tir'ash ha'aretz w'lo yakhilu goyyim za'mo
Yer 10:10 Tetapi YHWH adalah Elohim yang benar, Dialah Elohim yang hidup dan Raja yang kekal. Bumi goncang karena murka-Nya, dan bangsa-bangsa tidak tahan akan geram-Nya.
di sifat Nya yang kedua ini pun jelas bahwa kedua oknum ini adalah sama, Yang Kekal hidup selama lamanya.
4.Mukhafatuhu lil hawadist (مخلفته لي الحوادث )
bermakna "DiriNya yang tidak serupa atau sama dengan makhlukNya/yang diciptakanNya"
ini suatu iman yang jelas bahwa bukan Tuhan apabila ia serupa atau sama dengan ciptaanNya, maka dari itu, hal ihwal seperti ini bukan lah masalah yang tidak penting,tapi sangat penting.
karna tidak ada satu keterangan Tuhan itu berupa atau bertubuh atau apa saja yang disamakan dengan makhlukNya.
ALLH Berfirman::
11. (Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan- pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat. (QS.Asy Syuraa)
dengan ayat ini jelas tertulis "laysa kamitslihi syaiun" "Tiada yang serupa dengan Dia"
tidak bisa di gambarkan atau di bayangka wujudNya Tuhan, karna Dia tiada yang sama denganNya
TaNaKh ::
Isaiah 40:18 וְאֶל מִי תְּדַמְּיוּן אֵל וּמַה דְּמוּת תַּעַרְכוּ לוֺ:
translite :: w'el mi tedamyun el wumah demut ta'arkhu lo
Yes 40:18 Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?
Isaiah 40:25 וְאֶל מִי תְדַמְּיוּנִי וְאֶשְׁוֶה יֹאמַר קָדוֺשׁ:
translite :: weel mi tedamyuni w'eshweh yomar qadosh
Yes 40:25 Dengan siapa hendak kamu samakan Aku, seakan-akan Aku seperti dia? firman Yang Mahakudus.
namun ada suatu yang harus kita pelajari adalah mengenai bahasa alegoris atau bahasa kiasan yang digunakan dalam bahasa wahyu,contoh::
tangan Tuhan,kaki Tuhan,dst
tapi semua itu bermakna kiasan yaitu Tuhan memakai bahasa manusia untuk menjelaskan kekuasaanNya. bukan untuk manusia sesat memahamiNya.
contoh::
bersemayam (Istiwa)
3. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? (QS.Yunus)
tafsir jalalain::
003. (Sesungguhnya Rabb kalian ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari) dari hari-hari dunia, artinya dalam masa yang perkiraannya sama dengan enam hari karena sesungguhnya pada masa itu belum ada matahari dan bulan. Akan tetapi seandainya Allah berkehendak, maka Dia dapat menciptakannya dalam sekejap mata. Allah swt, tidak memakai cara tersebut dimaksud untuk memberikan pelajaran kepada makhluk-Nya tentang ketekunan dan kesabaran di dalam bertindak (kemudian Dia bersemayam di atas Arsy) bersemayamnya Allah disesuaikan dengan keagungan sifat-Nya (untuk mengatur segala urusan) di antara makhluk-makhluk-Nya (Tiada seorang pun) huruf min merupakan shilah atau penghubung (yang dapat memberikan syafaat) kepada seseorang (kecuali sesudah ada keizinan-Nya) ayat ini merupakan sanggahan terhadap perkataan orang-orang kafir yang menyatakan bahwa berhala-berhala mereka dapat memberikan syafaat kepada diri mereka. (Zat yang demikian itulah) yaitu yang menciptakan dan yang mengatur (Allah, Rabb kalian, maka sembahlah Dia) artinya tauhidkanlah Dia. (Maka apakah kalian tidak mengambil pelajaran?) lafal tadzakkaruuna asalnya tatadzakkaruuna, kemudian huruf ta yang kedua diidgamkan ke dalam huruf dzal asal kalimat, maka jadilah tadzakkaruuna.
makna bersemayam itu adalah bahasa manusia yang bermakna duduk atau bertahta di singgasana.
maka dari itu bahasa alegoris jangan kita jadikan alasan bahwa Tuhan itu serupa dengan makhlukNya.
di TaNaKh
Genesis 1:26 וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים נַעֲשֶׂה אָדָם בְּצַלְמֵנוּ כִּדְמוּתֵנוּ וְיִרְדּוּ בִדְגַת הַיָּם וּבְעוֺף הַשָּׁמַיִם וּבַבְּהֵמָה וּבְכָל הָאָרֶץ וּבְכָל הָרֶמֶשׂ הָרֹמֵשׂ עַל הָאָרֶץ:
translite:: wayomer Elohim na'aseh adam b'TZALMENU KIDMUTENU weyirdu badgat hayyam uv'of hashamayim uvabhemah uvkhal ha'aretz uvkhal haremes haromes 'al ha'aretz.
Kej 1:26 Berfirmanlah Elohim: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
בְּצַלְמֵנוּ = Gambar kita
כִּדְמוּתֵנוּ = Rupa kita
apakah benar Nabi Adam AS diciptakan dari Rupa dan Gambar Tuhan???
mari kita pahami maksud ayat ini sebenarnya apa ternyata ayat ini mengandung kalimat alegoris atau perumpamaan-kiasan.
menurut Rabbi-Rabbi bahwa kalimat "kita" itu antara Tuhan dan Para MalaikatNya, menurut Midrash Rabba malaikat di ciptakan pada hari kedua (Midrash Rabba, B'reshit hal 57-58)
apakah makna ayat diatas???
Berfirmanlah Elohim: 'Baiklah Kita menjadikan manusia menurut rupa kita, dan janganlah ada makhluk tidak hanya buatan dari bumi, tetapi juga berbakat dengan surgawi, elemen spiritual, yang akan melimpahkan padanya alasan, kecerdasan dan pemahaman. " Kebenaran kemudian muncul, jatuh di depan takhta Elohim, dan dalam kerendahan hati semua berseru: ". Berkenan, ya Elohim, untuk tidak menghubunkan menjadi ada makhluk yang dilanda dengan wakil berbohong, yang akan menginjak-injak kebenaran bawah kaki-Nya ' Perdamaian akhirnya bersatu untuk mendukung petisi ini. 'Oleh karena itu, ya Tuhan, akan makhluk ini muncul di bumi, makhluk yang penuh dengan perselisihan dan pertentangan, mengganggu kedamaian dan keharmonisan ciptaan-Mu? Dia akan membawa api pertengkaran dan penganiayaan kehendak dalam jejaknya, ia akan membawa perang dan kehancuran di keinginannya untuk keuntungan dan penaklukan.
'Baiklah Kita menjadikan manusia. " Tuhan dapat dikatakan untuk mengatasi spiritual dan unsur material sebagai: '. Sampai sekarang semua makhluk telah terdiri dari materi saja; sekarang Aku akan menciptakan makhluk yang terdiri dari materi (Jasmani) dan roh(Rohani)' - Gen. Rabba 8.
'Dalam bentuk kita, dalam rupa Kita. " "Sampai sekarang ada satu makhluk tersebut; Aku sekarang menambahkan kepadanya lain yang diambil dari dia. Mereka akan baik dalam bentuk dan rupa kita; tidak akan ada pria tanpa wanita dan tidak ada wanita tanpa pria, dan tidak ada pria dan wanita bersama-sama tanpa Tuhan '. Jadi, dalam kata-kata איש יאשה ('pria dan wanita) ada kata, יה, (Tuhan) - Gen.. Rabba 8.
jadi arti makna dari
בְּצַלְמֵנוּ = Gambar kita (berkuasa yaitu sebagai Khalifah/MaShiach) (QS.Al Baqarah:30)
כִּדְמוּתֵנוּ = Rupa kita (Mulia dan agung,karna manusia makhluk yang paling mulia di antara segala makhluk).
jadi sifat Tuhan yang "Tiada serupa dengan-Nya" ini pun membuktikan bahwa oknum keduanya adalah SAMA.
5.Qiyamuhu ta'ala binafsihi (قيمه تعلى بنفسه )
sifat Tuhan yang satu ini adalah menekankan "Berdiri-Nya Yang Maha Tinggi dengan DiriNya sendiri".
artinya Dia yang Ada tanpa bantuan atau tiada sertaan siapapun di sampingNya, Dia Tidak perlu tempat,ruang dan waktu, Dia itu Segala-galanya.
"Yang Esa mengurus akan makhlukNya dengan diriNya sendiri"
2. Allah, tidak ada Tuhan/ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya (QS.Ali Imran dan QS.Baqarah:255,)
jadi Karna Dia pun semua makhluk bisa berkuasa dan berkehendak,tanpa Dia semua akan mati, hakekatNya Dialah Yang Maha Esa ,Sendiri mengurus MakhlukNya baik di langit maupun dibumi.
dan Tuhan memerintah selama-lamanya.
Exodus 15:18 יְהוָה יִמְלֹךְ לְעֹלָם וָעֶד:
translite:: Adonai Yimlokh l'olam wa'eyd
"YHWH memerintah kekal selama-lamanya."
jadi jelas Maha Kuasa Maha Raja,Maha Yang Selalu memerintah, Hanya Dia,ternyata oknumnya SAMA.
6. Wahdaniyah (وحدنية )
sifatNya ini bermakna Tunggal/Esa di dalam Kesatuan Kekuasaan,Dia Maha Esa di alam semesta, Dia Yang Satu, Tidak perlu melebur diriNya untuk mengawasi makhlukNya. karna DiriNya meliputi segala alam semesta.
baik Langit diatas tujuh langit, baik bumi dibawah nya lapisan yang tujuh.
konsep wahdaniyah atau wahid (Tunggal)
ini adalah konsep bahwa semua makhluk hanya memiliki Tuhan Yang Wahid, yang memiliki segala kekuatan dan segala kekuasaan, baik dari manusia sampai amoeba pun tak luput dari kuasaNya.
konsep ini jelas,ketika kita ditanya, Tuhan ada di negeri Israel, apakah hanya di Israel Dia Ada.
tidak akan tetapi di arab,dimanapun Dia ADA, terus dimana mana Dia Ada, yanga manakah yang Benar,
Dia itu Wahid, Tunggal,walaupun Dia Tunggal tapi DiriNya itu lebih besar dari pada alam semesta ini bagaikan jarum yang dicelupkan di tengah samudera raya.
konsep Maha Esa. adalah konsep yang Di ajarkan oleh Nabi Ibrahim AS,anak cucunya Bani Israel, Bani Ismail dan Bani Mu'minin.
133. Adakah kamu hadir ketika Ya'qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".
163. Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
asbabun nuzul ayat Al Baqarah:163
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika turun ayat tersebut di atas (S. 2: 163), kaum musyrikin kaget dan bertanya-tanya. "Apakah benar Tuhan itu tunggal? Jika benar demikian, berikanlah kepada kami bukti-buktinya!" Maka turunlah ayat berikutnya (S. 2: 164) yang menegaskan adanya bukti-bukti keesaan Tuhan.
(Diriwayatkan oleh Sa'id bin Manshur di dalam Sunannya, al-Faryabi di dalam Tafsirnya, dan al-Baihaqi d idalam Kitab Syu'bul Iman yang bersumber dari Abidl-Dluha. As-Sayuthi berpendapat bahwa Hadits ini mu'dlal, tetapi ada syahid (penguatnya).)
Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa setelah turun ayat ini (S. 2: 163) kepada Nabi SAW di Madinah, kafir Quraisy di Mekah bertanya. "Bagaimana Tuhan Yang Tunggal dapat mendengar manusia yang banyak?" Maka turunlah ayat berikutnya (S. 2: 164) yang menegaskan adanya bukti-bukti keesaan Tuhan.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Abu-Syaikh di dalam kitab al-'Izhmah yang bersumber dari 'Atha'.)
Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum Quraisy berkata kepada Nabi Muhammad SAW. "Berdoalah kepada Allah agar Ia menjadikan Shafa ini gunung emas, sehingga kita dapat memperkuat diri melawan musuh." Maka Allah menurunkan wahyu kepadanya (S. 5: 115) untuk menyanggupi permintaan mereka dengan syarat apabila mereka kufur setelah dipenuhi permintaan mereka, Allah akan memberikan siksaan yang belum pernah diberikan kepada yang lain di alam ini. Maka bersabdalah Nabi SAW: "Wahai Tuhanku, biarkanlah aku dengan kaumku, aku akan ajak mereka sehari-demi sehari." Maka turunlah ayat tersebut di atas (S. 2: 164) yang menjelaskan mereka meminta Shafa dijadikan emas, padahal mereka mengetahui banyak ayat-ayat (tanda-tanda) yang luar biasa daripada itu.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Ibnu Abbas. Sanadnya baik dan maushul, yaitu hadits yang sanadnya tidak terputus sampai kepada Nabi SAW).
jadi dari ayat ini jelas bahwa walaupun Tuhan itu Wahid (Tunggal) tapi Dia Maha Melihat segalanya walaupun banyaknya maklukh sebanyak gurun pasir, atau apapun tetap Dia Al wahid (Tunggal) DiriNya, Tapi Ke-Maha-AdaaNya itu melingkupi alam semesta ini hanya sebutir pasir di hadiratNya.
Dialah Maha Segala-galanya.
Yang Tunggal/ Ha Yachid/Al wahid
ini pun bumi dan langitpun tak mampu mengahadirkan diriNya.
1 Kings 8:27 כִּי הַאֻמְנָם יֵשֵׁב אֱלֹהִים עַל הָאָרֶץ הִנֵּה הַשָּׁמַיִם וּשְׁמֵי הַשָּׁמַיִם לֹא יְכַלְכְּלוּךׇ אַף כִּי הַבַּיִת הַזֶּה אֲשֶׁר בָּנִיתִי:
translite :: ki haumnah yeshev Elohim 'al ha'arezt hinneh hashamayim ushmey baniti
27 Tetapi benarkah Elohim hendak diam di atas bumi? Sesungguhnya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langitpun tidak dapat memuat Engkau, terlebih lagi rumah yang kudirikan ini.
HaYachid היחד semakna dengan Al wahid الوحد
asal dari kedua Nama sifat ini pun dari
אֶחָד : Echad
احد : Ahad
(Esa alias SATU)
Deuteronomy 6:4 שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָה אֱלֹהֵינוּ יְהוָה אֶחָד
translite :: Shema' Yishrael Adonai Eloheynu Adonai Echad.
Dengarlah, hai orang Israel: YHWH itu Eloh kita, YHWH itu esa!
di dalam Injil bahasa ibrani::
Mark 12:29 וַיַּעַן יֵשׁוּעַ הָרִאשֹׁנָה הֲלֹא הִיא שְׁמַע יִשְׂרָאֵל יְהוָֺה אֱלֹהֵינוּ יְהוָֺה אֶחָד:
wayya'an yeshu'a ha rashonah halo hi shema' Yishrael Adonai Eloheynu Adonai Echad.
29 Sabda Isa kepadanya, "Perintah yang terutama ialah, ‘Dengarlah hai orang Israil, Allah, Tuhan kita, adalah Tuhan Yang Maha Esa.
peshitta bahasa ibrani ::
Mark 12:29 אמר לה ישוע קדמי מן כלהון פוקדנא שמע איסריל מריא אלהן מריא חד הו:
amar lah yashu' qadmi man kalohon fuqedna shama' israil marYa alahan marYa chad Hu
Al Qur'an ::
ALLH Berfirman:: قل هو الله احد
1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. l
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan.
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."
asbabun Nuzul
Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa kaum musyrikin meminta penjelasan tentang sifat-sifat Allah kepada Rasulullah saw. dengan berkata: "Jelaskan kepada kami sifat-sifat Tuhanmu." Ayat ini (S. 112:1-4) turun berkenaan dengan peristiwa itu sebagai tuntunan untuk menjawab permintaan kaum musyrikin.
(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah dari Abi Aliyah yang bersumber dari Ubay bin Ka'ab. Diriwayatkan pula oleh at-Thabarani dan Ibnu jarir yang bersumber dari Jabir bin Abdillah dan dijadikan dalil bahwa surat ini Makkiyah.)
Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum Yahudi menghadap kepada Nabi saw. dan diantaranya Ka'bubnul 'asyraf dan Hay bin Akhtab. Mereka berkata: "Hai Muhammad, lukiskan sifat-sifat Tuhan yang mengutusmu." Ayat ini (S.112:1-4) turun berkenaan dengan peristiwa itu.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Ibnu Abbas. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Qatadah dan Ibnu Mundzir yang bersumber dari Sa'id bin Jubair. Dengan riwayat ini Sa'id bin Jubair menegaskan bahwa surat ini Madaniyyah.)
Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum Ahzab(Persekutuan antara kamu Quraisy, Yahudi Madinah, kaum Goththafan dari Thaif dan munafiqin Madinah dan beberapa suku sekeliling Makkah) berkata: "Lukiskan sifat Tuhanmu kepada kami." Maka datanglah Jibril menyampaikan surat ini (S.112:1-4) yang melukiskan sifat-sifat Allah.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Abil 'Aliyah yang bersumber dari Qatadah.)
Keterangan:
Menurut as-Suyuthi kata "al-Musyrikin" dalam hadits yang bersumber dari Ubay bin Ka'ab ialah musyrikin dari kaum Ahzab, sehingga surat ini dapat dipastikan Madaniyyah sesuai dengan hadits Ibnu Abbas. Dengan demikian, tidak ada pertentangan antara dua hadits tersebut di atas dan diperkuat pula oleh riwayat Abus Syaikh di dalam kitabul Adhamah dari Aban yang bersumber dari Anas yang meriwayatkan bahwa Yahudi Khaibar menghadap kepada Nabi saw. dan berkata: "Hai Abal Qasim! Allah menjadikan malaikat dari cahaya hijab, Adam dari tanah hitam, Iblis dari api yang menjulang, langit dari asap, dan bumi dari buih air. Cobalah terangkan kepada kami tentang Tuhanmu." Rasulullah saw tidak menjawab, sehingga turunlah Jibril membawa wahyu surat ini (S.112:1-4) yang melukiskan sifat Allah.
dari segi Al wahid/Ha Yachid sudah jelas oknum sama, dan apalagi Echad-Ahad (Alef chet dalet=Alif ha dal).
ا = א
ح = ח
د = ד
apakah ini suatu kebetulan???
jawabannya tidak,YHWH=ALLH (Islam dan Yudaisme) berasal dari Tuhan Yang sama tapi hanya syariat/Mitzvot dan manhaj/manhag aja yang berbeda.
bukan Tritunggal,Trinitas,dualimes,atau paham wahdatul wujud,paham tahalul,paham tasyabuh.
murni Tauhid, Ahad=Echad, Al wahid=Ha Yachid
NB::
perihal "Anak Allah/ben Elohim" di dalam Syariat Torah itu berbeda dengan Paham kristen dan Yahudi saduki, karna apa,
paham di dalam Yudaisme itu adalah Anak Allah itu maknanya adalah Kekasih Allah yaitu mengambarkan kedekatan Tuhan dan umatNya bagaikan "Bapak dan Anak-anak"
jadi bukan makna sebenarnya,berbeda dengan konsep kristen perlu diketahui.
orang kristen percaya anak Allah yang tunggal itu hanya Yesus yang lahir dari Roh kudus::
injil bahasa ibrani versi delitzch
Luke 1:35 וַיַּעַן הַמַּלְאָךְ וַיֹּאמֶר אֵלֶיהָ רוּחַ הַקֹּדֶשׁ תָּבוֺא עָלַיךְ וּגְבוּרַת עֶלְיוֺן תָּצֵל עָלָיּךְ עַל-כֵּן קָדוֺשׁ יֵאָמֵר לַיִּלוֺד בֶּן-הָאֱלֹהִים:
translite ::
waya'an hamal'akh wayomer eleyha rucha haqodesh tavo 'alaykh ughvurat 'elyon tatzel 'alaykh 'al ken qadosh yeamar layyilod ben ha elohim
dan satu lagi versi lain
Luke 1:35 וַיַּעַן הַמַּלְאָךְ וַיֹּאמֶר אֵלֶיהָ רוּחַ הַקֹּדֶשׁ תָּבֹא עָלַיִךְ וְכֹחַ עֶלְיוֺן יָסֶךְ-לָךְ עַל-כֵּן גַּם-הַקָּדוֺשׁ הַיִּלוֺד יִקָּרֵא בֶּן-אֱלֹהִים:
translite::
waya'an hammal'akh wayomer elayha rucha haqodesh tabo 'alaykh wekhocha 'elyon yasekh-lakha 'al-en gam-haqadosh hayilod yaqare ben elohim
35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Yesus Kudus anak Allah???
anak yang tunggal::
versi injil bahasa ibrani delitzch
John 3:16 כִּי-אַהֲבָה רַבָּה אָהַב הָאֱלֹהִים אֶת-הָעוֺלָם עַד-אֲשֶׁר נָתַן אֶת-בְּנוֺ אֶת-יְחִידוֺ לְמַעַן אֲשֶׁר לֹא-יֹאבַד כָּל-הַמַּאֲמִין בּוֺ כִּי אִם-יִחְיֶה חַיֵּי עוֺלָם:
ahavah rabbah ahav ha-elohim et-ha'olam asher natan et-benu et-yachid l'ma'an asher lo-yavad kal ha maamin bo ki im-yihyeh chayye 'olam
versi injil bahasa ibrani::
John 3:16 כִּי-כֵן אֹהֵב אֱלֹהִים אֶת-הָעוֺלָם עַד-אֲשֶׁר נָתַן בַּעֲדוֺ אֶת-בְּנוֺ אֶת-יְחִידוֺ וְכָל-הַמַּאֲמִין בּוֺ לֹא-יֹאבַד כִּי בוֺ יִמְצָא חַיֵּי עוֺלָם:
translite::
ki-ken ohev elohim et-ha 'olam 'ad-asher natan ba'adu et-benu et-yechido wekhal-ha maamin bo lo-yovad ki vo yimtza chayye 'olam
Yoh 3:16 Karena begitu besar kasih Elohim akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
pertanyaan::
klaim orang kristen anti Nama ALLH, kata kalian bahasa asli PB adalah bahasa ibrani tapi kenapa dua teks ini berbeda???
7.Qudrot/Qudroh (قدره)
arti secara tata bahasa maknanya sifat Tuhan in adalah "KuasaNya"
jelas bukan Tuhan kalao lemah,tak bisa berbuat apa-apa,atau harus memakai perantara terlebih dahulu.
Tuhan itu Maha Kuasa, KuasaNya diatas segala kuasa di dunia,di langit maupun alam semesta.
Allaah berfirman di dalam Al qur'an::
1. Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, (QS.Al Mulk)
1. Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; hanya Allah lah yang mempunyai semua kerajaan dan semua pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS.Ath Thaghabun)
dua ayat ini saja sudah membuktikan bahwa Allaah Maha Kuasa,
Dia pemilik semua kerajaan dan semua pujian dan tasbihnya segala makhluk,
apakah ini juga di nyatakan di dalam Tanakh::
1 Chronicles 29:12 וְהָעֹשֶׁר וְהַכָּבוֺד מִלְּפָנֶיךׇ וְאַתָּה מוֺשֵׁל בַּכֹּל וּבְיָדְךׇ כֹּחַ וּגְבוּרָה וּבְיָדְךׇ לְגַדֵּל וּלְחַזֵּק לַכֹּל:
translite::
weha'osher wehakavod millfanayka we atah moshal bakol uvyadka koh ughvurah uvyadka l'ghadal ulchazzaq lakol
1Taw 29:12 Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengokohkan segala-galanya.
Psalms 62:12 אַחַת דִּבֶּר אֱלֹהִים שְׁתַּיִם זוּ שָׁמָעְתִּי כִּי עֹז לֵאלֹהִים:
translite::
achat diber Elohim sh'tayim zu shama'ta ki 'az le Elohim
(62-12) Satu kali Elohim berfirman, dua hal yang aku dengar: bahwa kuasa dari Elohim asalnya,
jadi jelas bahwa ALLH=YHWH karna oknumnya adalah Maha kuasa dan sumber segala kuasa ada pada diriNya.
8.Irodah/Irodat (اراده)
makna dari arti sifat Tuhan ini adalah "Kehendak-Nya", Tuhan itu apapun yang Dia mau tinggal berfirman :: Jadilah maka jadilah ia (Kun Fa Yakun/Yehi wa Yehi) .
kehendakNya tidak memiliki pembatasan,apapun yang Dia kehendaki tidak ada yang bisa melawan atau merubahnya,karna semua alam semesta ini di dalamnya maupun diluarnya adalah milikNya.
ALLH Berfirman::
peringatan buat kristen yang percaya yesus adalah ALLH
17. Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam." Katakanlah: "Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi kesemuanya?." Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(QS.Al maidah)
11. Orang-orang Badwi yang tertinggal (tidak turut ke Hudaibiyah) akan mengatakan: "Harta dan keluarga kami telah merintangi kami, maka mohonkanlah ampunan untuk kami"; mereka mengucapkan dengan lidahnya apa yang tidak ada dalam hatinya. Katakanlah : "Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah jika Dia menghendaki kemudharatan bagimu atau jika Dia menghendaki manfaat bagimu. Sebenarnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.Al Fath)
ALLH Maha Berkehendak bahkan Dia menantang orang-orang kristen, Kalao Dia mau bisa saja Dia binasakan Nabi Isa dan ibunya sekaligus ('alahumas salam)
dan juga Dia bisa saja alias memiliki kehendak untuk merugikan kita atau menguntungkan kita siapa yang bisa menghalangi ini semua???
Tanakh::
Isaiah 46:10 מַגִּיד מֵרֵאשִׁית אַחֲרִית וּמִקֶּדֶם אֲשֶׁר לֹא נַעֲשׂוּ אֹמֵר עֲצָתִי תָקוּם וְכָל חֶפְצִי אֶעֱשֶׂה:
translite::
magid marashit acharit umiqqedem asher lo na'asu omer 'atzti taqum wekhal cheftzi e'eseh
Yes 46:10 yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan,
jadi jelas bahwa Tuhan itu Maha KehendakNya, Dialah Sang Tuhan (ALLH) Yang Telah Ada, sekarang dan hingga selamanya tetap Dia. (YHWH)
9. 'ilmu (علم )
makna sifatNya Tuhan adalah Tahu, Maha mengetahui atas segala sesuatu, Tuhan tidak mungkin tidak mengetahui sesuatu, dari yang kecil sampai yang besar tidak luput dari pengetahuanNya.
34. Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok[1187]. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS.luqman)
[1187]. Maksudnya: manusia itu tidak dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan diusahakannya besok atau yang akan diperolehnya, namun demikian mereka diwajibkan berusaha.
116. Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?." Isa menjawab: "Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib." (QS.Al maidah)
4. Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati.
(QS.Ath Thagabun)
luar biasa dalam dua ayat ini aja menjelaskan Maha TahuNya ALLH Azza wajalla, Dia mengetahui perkara-perkara Yang Ghaib, yang dirahasiakan dan di nyatakan, Dia Maha Tahu.
Tanakh::
Joshua 22:22 אֵל אֱלֹהִים יְהוָה אֵל אֱלֹהִים יְהוָה הוּא יֹדֵעַ וְיִשְׂרָאֵל הוּא יֵדָע אִם בְּמֶרֶד וְאִם בְּמַעַל בַּיהוָה אַל תּוֺשִׁיעֵנוּ הַיּוֺם הַזֶּה:
translite::
EL elohim Adonay EL elohim Adonay Hu yode'a weyishrael hu yeda' im b'mered we im b'ma'al baAdonai al toshi'enu hayyom hazzeh.
Yos 22:22 "El segala Elohim, YHWH, EL segala Elohim, YHWH, Dialah yang mengetahui, dan patutlah orang Israel mengetahuinya juga! Jika sekiranya hal ini terjadi dengan maksud memberontak atau dengan maksud berubah setia terhadap YHWH — biarlah jangan YHWH selamatkan kami pada hari ini.
Psalms 37:18 יוֺדֵעַ יְהוָה יְמֵי תְמִימִם וְנַחֲלָתָם לְעוֺלָם תִּהְיֶה:
translite::
yode'a Adonai yemey t'mimim w'nachalatam l'olam tihyeh.
Mzm 37:18 YHWH mengetahui hari-hari orang yang saleh, dan milik pusaka mereka akan tetap selama-lamanya;
Psalms 94:11 יְהוָה יֹדֵעַ מַחְשְׁבוֺת אָדָם כִּי הֵמָּה הָבֶל:
translite:: Adonai yode'a machshevot adam ki hemmah habel
Mzm 94:11 YHWH mengetahui rancangan-rancangan manusia; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka.
dari ayat-ayat diatas juga jelas bahwa Tuhan mengetahui hari-hari orang yang shaleh dan juga mengetahui semua hal itu adalah sia sia yaitu rancangan-rancangan jahat.
jadi jelas ALLH=YHWH adalah Maha mengetahui.
10. Hayah/Hayat (ة) (حيه )
makna dari sifat ini adalah "HidupNya" atau "Maha Hidup"
Tuhan adalah yang Maha hidup yang kekal dan selama lamanya hidup,tiada permulaan bagiNya, dan tiada akhir bagiNya.
kita semua hakekatnya mati karna pancaran DiriNya yang Hidup kita jadi hidup.
255. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi. Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS.Al Baqarah)
2. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya(QS.Ali Imran)
111. Dan tunduklah semua muka (dengan berendah diri) kepada Tuhan Yang Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus (makhluk-Nya). Dan sesungguhnya telah merugilah orang yang melakukan kezaliman. (QS.Thaha)
ayat-ayat diatas ini jelas dan terang tanpa harus di tafsirkan lagi menjelaskan bahwa Tuhan itu Maha Kekal HidupNya.
Daniel 4:31 וְלִקְצָת יוֺמַיָּה אֲנָה נְבוּכַדְנֶצַּר עַיְנַי לִשְׁמַיָּא נִטְלֵת וּמַנְדְּעִי עֲלַי יְתוּב ולעליא )וּלְעִלָּאָה קרי( בָּרְכֵת וּלְחַי עָלְמָא שַׁבְּחֵת וְהַדְּרֵת דִּי שָׁלְטָנֵהּ שָׁלְטָן עָלַם וּמַלְכוּתֵהּ עִם דָּר וְדָר:
welaqtzat yomayah anah nevukhadnetzar 'aynay lishmaya nathlet umande'i 'alay yetov ul'ilaah barkhet ulchay 'alma shabkhet wehadret di shaltaneh shaltan 'alam umalkhutah 'am dar wedar
Dan 4:34 Tetapi setelah lewat waktu yang ditentukan, aku, Nebukadnezar, menengadah ke langit, dan akal budiku kembali lagi kepadaku. Lalu aku memuji Yang Mahatinggi dan membesarkan dan memuliakan Yang Hidup kekal itu, karena kekuasaan-Nya ialah kekuasaan yang kekal dan kerajaan-Nya turun-temurun.
Daniel 6:27 מִן קֳדָמַי שִׂים טְעֵם דִּי בְּכָל שָׁלְטָן מַלְכוּתִי לֶהֱוֺן זאעין )זָיְעִין קרי( וְדָחֲלִין מִן קֳדָם אֱלָהֵהּ דִּי דָנִיֵּאל דִּי הוּא אֱלָהָא חַיָּא וְקַיָּם לְעָלְמִין וּמַלְכוּתֵהּ דִּי לָא תִתְחַבַּל וְשָׁלְטָנֵהּ עַד סוֺפָא:
translite::
man qedamay sam th'em day b'khal shal'tan mal'khutay leheno zay'in wedachalin man qadam Elaheh di daniel di hu Elaha chayya yeqayyam l'almin umalkhuteh di la titchabal weshalthanah 'ad sofa
Bersama ini kuberikan perintah, bahwa di seluruh kerajaan yang kukuasai orang harus takut dan gentar kepada Elah-nya Daniel, sebab Dialah Elah yang hidup, yang kekal untuk selama-lamanya; pemerintahan-Nya tidak akan binasa dan kekuasaan-Nya tidak akan berakhir.
Siapa elahnya daniel??? jelas jawabanya adalah YHWH.
dari ayat-ayat Qur'an dan Tanakh ini jelas bahwa ALLH=YHWH itu adalah Maha Kekal Yang Maha Hidup.
11.sama' (سمع )
sifat Tuhan yang satu ini adalah bermakna "Maha Mendengar" artinya Tuhan mendengar tidak seperti makhlukNya mendengar, Maha Suci Dia itu.
jika kita mendengar aja mungkin dibelakang kita hanya berjarak beberapa meter,tapi kalao sudah lima meter aja jauhnya apalagi bisik-bisik kita tidak akan ada yang tahu,Apa yang Tuhan dengar itu Tidak terbatas dari ruang dan waktu walaupun kita bersembunyi dibawah lapisan bumi ketujuh lalu kita berbicara sekalipun di dalam hati tetap Dia mendengar apa yang kita katakan,karna apa DIA YANG MAHA MENDENGAR.
36. Dan jika syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS.Fushilat)
20. Dan Allah menghukum dengan keadilan. Dan sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah tiada dapat menghukum dengan sesuatu apapun. Sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS.Al mu'min)
dan masih banyak lagi ayat yang menjelaskan bahwa ALLH itu Maha mendengar.
Tanakh::
Psalms 28:6 בָּרוּךְ יְהוָה כִּי שָׁמַע קוֺל תַּחֲנוּנָי:
Translite::
Barukh Adonai ki shema' qol tachanunay
Mzm 28:6 Terpujilah YHWH, karena Ia telah mendengar suara permohonanku.
Psalms 34:7 זֶה עָנִי קָרָא וַיהוָה שָׁמֵעַ וּמִכָּל צָרוֺתָיו הוֺשִׁיעוֺ:
Translite::
zeh 'ani qara waAdonai shame'a umikkal tzrotayn hoshi'o
Mzm 34:6 (34-7) Orang yang tertindas ini berseru, dan Adonai mendengar; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.
Psalms 34:18 צָעֲקוּ וַיהוָה שָׁמֵעַ וּמִכָּל צָרוֺתָם הִצִּילָם:
translite::
tza'aqu waAdonai shame'a umikkal tzarotam hitzilam
Mzm 34:17 (34-18) Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka YHWH mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.
dari ayat-ayat tanakh itu saja sudah menjelaskan bahwa Dia Ada pasti Maha mendengar,Tuhan tidak tuli,karna yang tuli hanyalah makhluk,makna tuli adalah pendengaran itu terbatas.
Sang Tuhan Yang telah Ada sekarang hingga selama lamanya (ALLH+YHWH)
12. Bashar (بصر )
arti makna sifat Tuhan ini adalah "Melihat" dalam artian Maha MelihatNya Tuhan itu tajam diatas segala yang Tajam, Yang Terang diatas segala cahaya, Dia Maha melihat tidak perlu mata untuk melihat, Dia Maha Melihat tidak seperti kita yang melihat terbatas ini, Maha melihatNya itu tidak terbatas oleh ruang dan waktu, semua makhluknya Dia bisa melihat.
Karna Dia itu adalah Maha melihat dan segala makhlukNya adalah buta.
58. Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS.An Nisa)
28. Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.(QS.Luqman)
dua ayat diatas saja sudah menjelaskan Dia Maha Melihat, kita tidak perlu minta bukti,karna apa, setiap gerak gerik kita Dia Yang Mengawasi karna Sungguh Dia itu Maha Segala-galanya.
Psalms 14:2 יְהוָה מִשָּׁמַיִם הִשְׁקִיף עַל בְּנֵי אָדָם לִרְאוֺת הֲיֵשׁ מַשְׂכִּיל דֹּרֵשׁ אֶת אֱלֹהִים:
translite::
Adonai mishamayim hishqip 'al bnei adam lirot hayesh maskil doresh et elohim
YHWH memandang ke bawah dari sorga kepada anak-anak manusia untuk melihat, apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Elohim.
.
Psalms 33:13 מִשָּׁמַיִם הִבִּיט יְהוָה רָאָה אֶת כָּל בְּנֵי הָאָדָם:
translite::
mishamayim hibiyt Adonai raah et kal bnei ha adam
YHWH memandang dari sorga, Ia melihat semua anak manusia;
makna dari ayat diatas bukan berarti Tuhan itu berada di surga, tidak tapi dari shemayim "Langit-langit" Dia melihat anak manusia, jadi bukan Dia berada disitu.
jadi jelas sudah,bahwa Sang Tuhan Yang EksistensiNya Telah Ada,sekarang hingga sampai selamaNya adalah Tuhan (ALLH+YHWH)
13.Kalam (كلم )
bermakna "Berkata"
arti dari sifat Tuhan ini adalah bahwasanya Dia Berkata dalam bahasa mengagungkanNya adalah "Berfirman" karna Hanya Dia saja yang berfirman, Dia Berfirman semua makhlukNya pun bisa mendengar ,cara Dia berfirman adalah melalui MalaikatNya,kadang dibelakang tabir, dan kepada Para Nabi,Atau langsung Berdialog sebagai mana kasus Nabi Musa (AS) dan Bangsa Israel yang melihat TajalliNya di gunung Sinai ketika menerima Taurat,kita Umat Islam bergembira karna Nabi Muhammad SAW yang langung menerima Firman dari Sang Tuhan di perjalanannya di Isra mi'rajnya.
dan Melihat diriNya Tuhan Maha suci dari sifat makhluk.
sifat ketiga belas ini jangan di tentang lagi karna ALLH=YHWH itu Berfirman
demikianlah yang kami sampaikan dan sebagai bukti bahwa Tuhan di Tanakh dan di Al qur'an itu adalah oknum yang sama, kebanyakan yang anti YHWH adalah kaum wahabisme,dan yang anti ALLH adalah kaum kristen, terutama kalangan judeo messianic ,eseni modern dan atau sekte2 yahwisme.
semoga bermanfaat bagi kita, dan menambah wawasan kita, bahwa Tuhan yang kita sembah dengan bangsa Yahudi sembah adalah sama,
karna Nabi Muhammad SAW, adalah penerus Nabi-Nabi sebelumnya yang berlatar bangsa Israel yang bersyariat Taurat.
COMMENTS