Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 222 وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَل...
Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 222
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ (٢٢٢)
222. “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid adalah suatu kotoran". Maka hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita (isterimu) di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka (isteri-isterimu) sebelum mereka suci. Apabila mereka (isteri-isterimu) telah suci, maka campurilah mereka (isteri-isterimu) itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri”.
Imâm Muslim meriwayatkan dalam Mukhtashar Shahîh Muslim yang disusun oleh Imâm al-Hâfizh ‘Abdul ‘Azhîm bin ‘Abdul Qawî Zakiyuddîn al-Mundziri (No. Hadis: 171):
“Zuhair bin Harb telah bercerita kepada saya (Muslim), katanya (Zuhair bin Harb): “Telah bercerita kepada kami (Zuhair bin Harb) ‘Abdurrahman bin Mahdî, katanya (‘Abdurrahman bin Mahdî): “Hammâd bin Salamah telah bercerita kepada kami (‘Abdurrahman bin Mahdî), katanya (Hammâd bin Salamah): “Tsâbit telah bercerita kepada kami (Hammâd bin Salamah) dari Anas bin Mâlik, katanya (Anas bin Mâlik): “Dahulu orang-orang Yahudi apabila perempuan mereka (para isteri orang-orang Yahudi) haid, mereka (para laki-laki Yahudi) tidak makan bersama perempuan Yahudi (para isteri orang-orang Yahudi yang sedang haid) tersebut, dan tidak tinggal serumah dengannya (para isteri orang-orang Yahudi yang sedang haid). Maka para Sahabat menanyakan hal itu {bahwa orang-orang Yahudi apabila perempuan mereka/isteri mereka haid, mereka (para laki-laki Yahudi) tidak makan bersama perempuan Yahudi/isteri tersebut, dan tidak tinggal serumah dengannya} kepada Nabi SAW; maka Allah SWT. menurunkan:
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ (٢٢٢)
222. “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid adalah suatu kotoran". Maka hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita (isterimu) di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka (isteri-isterimu) sebelum mereka suci. Apabila mereka (isteri-isterimu) telah suci, maka campurilah mereka (isteri-isterimu) itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri”.
“Maka kemudian Rasulullâh SAW. bersabda: “Lakukanlah apa saja kecuali bersetubuh (berhubungan badan antara suami-isteri)”.
“Berita itu kemudian sampai kepada orang-orang Yahudi, maka mereka (orang-orang Yahudi) berkata: “Apa maunya orang ini, tidak ada satupun urusan kami melainkan pasti dia selisihi”.
“Kemudian datanglah Usaid bin Hudhair dan ‘Abbad bin Bisyr seraya berkata: “Wahai Rasulullah SAW; sesungguhnya orang-orang Yahudi mengatakan begini dan begitu, maka kami (Usaid bin Hudhair dan ‘Abbad bin Bisyr) tidak akan mengumpuli mereka (isteri Usaid bin Hudhair dan ‘Abbad bin Bisyr). Seketika itu berubahlah wajah Rasulullah SAW. hingga kami (Anas bin Malik) menyangka beliau (Nabi SAW.) marah kepada mereka berdua (Usaid bin Hudhair dan ‘Abbad bin Bisyr). Lalu mereka berdua (Usaid bin Hudhair dan ‘Abbad bin Bisyr) pergi, akan tetapi mereka berdua (Usaid bin Hudhair dan ‘Abbad bin Bisyr) melihat Nabi SAW. diberi hadiah berupa susu, lalu beliau (Nabi SAW.) menyuruh seseorang menyusul mereka berdua (Usaid bin Hudhair dan ‘Abbad bin Bisyr) untuk diberi susu. Maka dengan demikian mereka berdua (Usaid bin Hudhair dan ‘Abbad bin Bisyr) mengetahui bahwa Rasulullah SAW. tidak memarahinya (Usaid bin Hudhair dan ‘Abbad bin Bisyr)”.
KETERANGAN:
At-Tirmidzî juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzînya (4/74), kata beliau (at-Tirmidzî): “Hadis yang ia riwayatkan berkualitas hasan shahîh”. Abû Dâwûd juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan Abî Dâwûdnya (1/107). An-Nasâ-î juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan an-Nasâ-î al-Kubrânya (1/125 dan 1/135). Ibnu Mâjah juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Sunan Ibn Mâjahnya (644). Imâm Ahmad bin Hanbal juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (3/246). Ath-Thayâlisî juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad Abû Dâwûd ath-Thayâlisînya (2/14). Ibnu Jarîr juga mengeluarkan Hadis melalui jalur as-Suđiŷû dalam Jâmi’ al-Bayâni fi at-Ta’wîl al-Qurâninya (No. Hadis: 4233 dan 4/373). Ibnu Katsîr juga mengeluarkan Hadis melalui jalur as-Suđiŷû dalam Tafsîr al-Qurân al-‘Adzîmnya (1/584 dan 1/585). Akan tetapi Hadis yang dikeluarkan Ibnu Jarîr dan Ibnu Katsîr Mursal Tâbi’î (periwayatan Tâbi’în secara mutlak, baik Tâbi’în senior maupun junior tanpa ada penghubung dari Sahabat Nabi), karena as-Suđiŷû adalah seorang Tâbi’în (generasi setelah Sahabat).
BIBLIOGRAFI
Al-Jâmi’ ash-Shahîh li Muslim (Imâm Muslim/al-Imâm Abî al-Husain Muslim
bin al-Haĵâj Ibnu Muslim al-Qusyairî an-Naisâbûrî).
Al-Jâmi’ ash-Shahîh Sunan at-Tirmidzî(at-Tirmidzî/al-Imâm al-Hâfizh Abî ‘Îsâ Muhammad
bin ‘Îsâ bin Saurah at-Tirmidzî).
Jâmi’ al-Bayâni fi at-Ta’wîl al-Qurâni (Ibnu Jarîr/Abû Ja’far ath-Thabarî Muhammad bin
Jarîr bin Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib al-Âmalî).
Mukhtashar Shahîh Muslim (Imâm al-Mundzirî/al-Imâm al-Hâfizh ‘Abdul ‘Azhîm bin
‘Abdul Qawî Zakiŷuddîn al-Mundzirî).
Musnad Abû Dâwûd ath-Thayâlisî (ath-Thayâlisî/Sulaimân bin Dâwûd ath-Thayâlisî).
Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal (Imâm Ahmad bin Hanbal/Ahmad bin Hanbal Abû
‘Abdullâh asy-Syaibânî).
Sunan Abî Dâwûd (Abû Dâwûd/al-Imâm al-Hâfizh al-Mushannif al-Mutqan Abî Dâwûd
Sulaimân Ibnu al-‘Asy’ats as-Sijistânî al-Azadî).
Sunan an-Nasâ-î al-Kubrâ (an-Nasâ-î/al-Hâfizh Abû ‘Abdurrahmân Ahmad bin Syu’aib bin
‘Alî bin Bahr bin Sunân an-Nasâ-î).
Sunan Ibn Mâjah (Ibnu Mâjah/al-Hâfizh Abî ‘Abdillâh Muhammad bin Yazîd al-Qazwînî).
Tafsîr al-Qurân al-‘Adzîm (Ibnu Katsîr/Abû al-Fidâ-u Isma’îlu bin ‘Amr bin Katsîr al-
Qurasyî ad-Dimasyqî).
Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya.
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb.
peraturan komentar:
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa.
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit.
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan
COMMENTS